Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kecbendungan/public_html/plugins/content/wsfbcom/wsfbcom.php on line 30

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/kecbendungan/public_html/plugins/content/wsfbcom/wsfbcom.php on line 94

KULINER

Setiap berkunjung ke suatu daerah, yang menjadi tujuan utama selain tempat wisata pastinya adalah makanan khas daerah tersebut. Begitu juga dengan kabupaten Trenggalek. Selain memiliki banyak tujuan wisata yang menarik, Trenggalek juga punya makanan khas yang dicari-cari para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Nah kalo Jogjakarta punya nasi kucing sebagai salah satu makanan khasnya, maka Trenggalek memiliki kuliner khas yang mirip-mirip seperti nasi kucing, yaitu nasi gegok atau masyarakat Trenggalek biasanya menyebutnya sego gegok. Dan menjadi ciri khas dari kuliner khas masyarakat Trenggalek ini adalah rasa pedas dari ikan teri yang menjadi lauk dalam nasi gegok.

Masyarakat Trenggalek meyakini bahwa dengan mengonsumsi nasi gegok yang punya cita rasa pedas ini dapat mengobati hidung yang tersumbat akibat flu dan menghilangkan rasa pusing.

Nah misal anda ingin membuat nasi gegok sendiri, caranya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya, beras, bawang putih, bawang merah, cabe dan tentunya ikan teri. Cara membuatnta, pertama masak berasnya sampai setengah matang, kemudian bungkus beras yang setengah matang tadi menggunakan daun pisang dan tambahkan ikan teri yang sudah diolah bersama bawang putih, bawang merah serta cabe menjadi sambal teri.

Agar mendapatkan cita rasa pedas yang semakin mantap, gunakan cabe kecil atau cabe rawit. Setelah semua bahan sudah terbungkus kemudian kukus dalam wadah pengukus kurang lebih selama 15 menit. Setelah pengukusan selesai angkat dari wadah dan nasi gegok khas Trenggalek pun siap untuk dinikmati.

Tapi kalo anda tidak sempat untuk membuatnya, kuliner khas masyarakat Trenggalek ini dapat anda nikmati dengan harga yang murah, cukup dengan merogoh kocek Rp. 2000 anda sudah dapat menikmati satu bungkus nasi gegok yang nikmat dan pedas. Untuk menambah nikmatnya nasi gegok ini, anda bisa menemaninya dengan tambahan menu lauk pauk lainnya seperti tempe goreng, sate telur puyuh, sate usus, sate jerohan ataupun yang lainnya.

Bagi anda yang sedang atau akan berkunjung ke Trenggalek, dan ingin mengincipi nasi gegok bisa langsung berkunjung ke kawasan Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek yang penduduknya banyak menjual nasi gegok.

TOP